A. Babandotan
Babandotan adalah sebuah tanaman yang hidup di alam liar ( dikebun/ ladang) tanaman ini mempunyai karakteristik yaitu mempunyai bulu dibatang dan daunya. Tanaman ini termasuk kedalam anggota famili Asteraceae. tanaman ini hanya mencapai umur kira- kira 1 tahun yang berbatang tegak atau merebah di tanah sepanjang 10-120 cm.
kandungan kimia dan khasiatnya, daun serta bunga dari tanaman ini mengandung saponin, flavonoida, polifenol, dan minyak asiri. Daun tanaman ini berkhasiat sebagai obat luka baru. ( gambarini di copy dari www.pusatherba.com/shop/product.php?id_product=8)


B. Bamban
bamban adalah tanaman berakar serabut dan berbatang setinggi 2-3m dan berwarna hijau. daunya tunggal berbentuk lonjong, tepi rata ujung runcing, pangkal tumpul dengan panjang 11-17 cm dan lebar 1-8 cm.Tangkai daun berbenruk silindris, pertulangan melengkung, dan berwarna hijau. bunganya majemuk berbentuk bulir, terletak di ketiak daun, kelopak berbentuk tabung, dan permukaan beralur. mahkota bunga berbentuk terompet berwarna putih dengan benang sari benang sari berwarna putuh sejumlah 2-4 buah. ujungnya melengkung, kepala sari berwarna coklat muda, tangkai putik silindris dengan panjang 1-2 cm. buah berdiameter sekitar 1cm, berbentuk bulat berwarna putih.
kandungan kimia dan khasiat tanaman ini adalah daunya sebagai obat bisul, bisul, bengkal, sakit karena gigitan ular, dan tetes mata.

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds